Satuan Pendidikan : Sekolah Dasar
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris (speaking)
Kelas/Semester : II/Ganjil
Alokasi Waktu : 2 x 35 Menit
1. Standar Kompetensi : Memahami kalimat sederhana dalam konteks kelas
2. Kompetensi Dasar : Memahami kalimat dan pesan tertulis sangat sederhana
3. Indikator :
a. Siswa mengetahui nama-nama hari dalam Bahasa Inggris
b. Siswa dapat menyebutkan nama-nama hari dalam Bahasa Inggris
4. Tujuan Pembelajaran :
a. Siswa dapat menyebutkan nama-nama hari dalam Bahasa Inggris
b. Siswa dapat melafalkan dengan benar nama-nama hari dalam Bahasa Inggris
5. Materi : “The Days in English”
6. Metode : Total Physical Respons (TPR)
7. Langkah-langkah Pembelajaran
a. Kegiatan Awal : Tanya jawab berbagai hal yang berkaitan dengan materi yang akan diajarkan.
b. Kegiatan Inti :
1). Siswa dibagi dalam 7 kelompok, sesuai jumlah hari.
2). Setiap kelompok diberikan kartu alphabet yang telah diacak
3). Siswa diinstruksikan untuk menyusun kata yang bermakna hari dalam Bahasa Inggris dengan bantuan kamus
4). Setiap kelompok diminta menyebutkan hasil temuan susunan kata
5). Setiap siswa diminta untuk mengucapkan nama-nama hari dalam Bahasa Inggris
c. Kegiatan Akhir :
1). Siswa bersama guru menyimpulkan materi “The Days in English”
2). Siswa diberi kesempatan untuk menanyakan materi tersebut.
8. Media pembelajaran :
a. Kamus
b. Kartu Alphabet
c. Buku sumber yang relevan
9. Teknis Penilaian : lisan dan tulis
10. Bentuk Penilaian :
- Tes Lisan (Menilai ketika siswa melafalkan nama-nama hari dalam Bahasa Inggris)
- Tes Tulis (Menilai ketika siswa mampu menuliskan dengan benar nama-nama hari dalam Bahasa Inggris. Mengetahui,
Kepala SD................... Guru Bahasa Inggris
(.......................................) (...................................)
No comments:
Post a Comment